Keamanan Jaringan Menggunakan Antivirus

Software Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak.

Fungsi Antivirus

► AntiVirus juga dapat berfungsi agar kita tidak mudah diserang oleh hacker.

► AntiVirus merupakan penangkal dari serangan software mematikan yaitu Keyloger,software ini dapat merekam segala akrivitas yang kita lakukan dengan menggunakan keyboard.

► AntiVirus Sebagai internet Security yaitu pelolak virus yang masuk saat kita online, contohnya saat mendownload dan membuka sebuah web site.Pada saat kita membuka page/halaman sebuah website biasanya kita tidak mengetahui bahwa web itu berbahaya atau tidak, contoh web yang berbahaya,web tersebut dapat mengundang malware.

Cara Kerja Antivirus

►    Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database):
Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya.

►    Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja:
Cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS). Cara ini sering disebut juga sebagai Behavior-blocking detection. Cara ini menggunakan policy (kebijakan) yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus.
Jika ada kelakuan perangkat lunak yang "tidak wajar" menurut policy yang diterapkan, seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk mengirimkan surel (email) secara massal terhadap daftar surel yang berada di dalam address book tersebut (cara ini sering digunakan oleh virus untuk menularkan virus melalui surel), maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment